DELAROSA NABILA (3336140274); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS KARAKTERISTIK DAN KEPUASAN PENGGUNA JASA LAYANAN ANGKUTAN PEMADU MODA (Studi Kasus: Bus Damri Stasiun Gambir – Bandara Soekarno Hatta)


Analisis Karakteristik dan Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Angkutan
Pemadu Moda
(Studi Kasus: Bus Damri Stasiun Gambir – Bandara Soekarno Hatta)
Delarosa Nabila
INTISARI
Bandara Internasional Soekarno Hatta merupakan bandara terbesar di
Indonesia. Menurut data dari PT. Angkasa Pura II, setiap tahunnya terjadi
peningkatan jumlah penumpang. Sepanjang tahun 2015 terdapat 54.291.366
penumpang dan pada tahun 2016 serta tahun 2017 terjadi peningkatan jumlah
penumpang masing-masing 6% setiap tahunnya dengan total 63.015.630
penumpang. Seiring bertambahnya jumlah penumpang, maka terjadi pertambahan
volume kendaraan yang dapat menimbulkan permasalahan, yaitu kemacetan di
DKI Jakarta. Sehingga, diperlukan penambahan kendaraan sebagai sarana
transportasi berupa angkutan pemadu moda sebagai solusi untuk mengurangi
kemacetan. Pada penelitian ini, penulis memilih menggunakan bus Damri di
Stasiun Gambir sebagai objek penelitian dikarenakan trayek tersebut merupakan
trayek yang memiliki jumlah penumpang paling banyak untuk tujuan ke Bandara
Internasional Soekarno Hatta dengan rata-rata 2.000 penumpang per hari
berdasarkan data dari Perum Damri.
Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 100 kuesioner berisi kinerja dan
harapan para pengguna jasa bus Damri untuk mengetahui tingkat kepuasan
pengguna jasa bus Damri. Analisis tingkat kepuasan pengguna jasa bus Damri
dilakukan dengan metode ServQual dengan 5 dimensi Service Quality yaitu
tangible, reliability, assurance, responsiveness, dan empathy.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh nilai
pencapaian kepuasan setiap atribut yaitu, tangible sebesar 94,37%, reliability
sebesar 96,75%, assurance sebesar 93,74%, responsiveness sebesar 91,26%, dan
empathy sebesar 67,31%. Nilai kepuasan pengguna bus Damri sudah termasuk
sangat baik dengan nilai rata-rata pencapaian kepuasan pengguna jasa sebesar
92,05%.
Kata kunci: Bus Pemadu Moda, Kinerja Pelayanan, Service Quality.
S 624 DEl a-19
624
Text
Indonesia
Teknik Sipil
2019
Cilegon
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
DELAROSA NABILA (3336140274). (2019).ANALISIS KARAKTERISTIK DAN KEPUASAN PENGGUNA JASA LAYANAN ANGKUTAN PEMADU MODA (Studi Kasus: Bus Damri Stasiun Gambir – Bandara Soekarno Hatta).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd